Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Pencernaan Batita

OKEDOK.co.id - Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Pencernaan Batita sangat perlu dierhatikan oleh orang tuanya.

Beragam cara sederhana yang dapat Bunda lakukan ketika batita sering mengalami gangguan pencernaan, antara lain:

    Memperhatikan posisi menyusui atau makan yang benar
    Biasakan menyusui atau menyuapi anak dalam keadaan lebih tegak, dan pertahankan posisi tersebut sekitar 20 menit setelah pemberian susu atau makanan. Hal ini dilakukan untuk mencegah susu dan makanan naik kembali ke kerongkongan. Pastikan juga Si Kecil tidak makan atau minum terlalu cepat.

    Pijat lembut perut Si Kecil
    Jika Si Kecil mengalami kembung, pijat perutnya dengan lembut untuk menghilangkan gas atau membuat perutnya terasa lebih baik. Selain itu, Bunda juga bisa mengusap punggung Si Kecil. Caranya, letakkan Si Kecil di atas kasur atau di atas kedua paha Bunda dengan posisi perut menghadap ke bawah atau telungkup.

    Berikan asupan makanan mengandung serat
    Jika Si Kecil menderita sembelit, sebaiknya berikan makanan yang tinggi serat. Utamakan memberinya asupan serat dari buah-buahan atau jus buah, seperti apel atau pir. Selain buah-buahan, roti gandum juga bisa diberikan kepada Si Kecil.
    Hindari makanan tertentu saat mengalami gangguan pencernaan
    Jika Si Kecil mengalami diare, hindari makanan apa pun yang dapat membuat gejala diare semakin memburuk, misalnya makanan berminyak, makanan yang tinggi serat, makanan yang pedas dan asam, produk olahan susu, serta makanan manis. Jika Si Kecil masih minum ASI, sebaiknya Bunda juga tidak mengonsumsi berbagai makanan tersebut.

    Pertimbangkan mengganti susu formula
    Jika Si Kecil mengonsumsi susu formula, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu untuk mempertimbangkan penggantian susu formula. Misalnya dengan susu formula protein terhidrolisa parsial (partially hydrolyzed protein). Meski masih terus diteliti, namun jenis susu ini dianggap memiliki formula protein yang lebih lembut, sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh anak. Selain itu, Bunda juga dapat memilih jenis susu rendah laktosa. Namun jangan lupa, perhatikan kandungan nutrisi dalam susu formula, seperti kalsium, zat besi, omega-3, asam folat, vitamin B1, B6, dan B12, agar mencukupi kebutuhan gizi anak sehingga tumbuh kembang dan kecerdasan Si Kecil dapat optimal.

Pertahankan pola makan yang sehat dan sesuai untuk Si Kecil, demi menjaga kesehatan pencernaannya. Ajak juga Si Kecil untuk selalu aktif bergerak, baik saat berolahraga maupun bermain, untuk mendukung proses pencernaan dan tumbuh kembangnya.

Bila gangguan pencernaan yang dialami Si Kecil tidak kunjung membaik atau justru semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.