Tindak Lanjut Yang Baik Dan Benar Setelah Melakukan Tes TORCH

OKEDOK.co.id - Tes TORCH adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui status tubuh seseorang terhadap penyakit TORCH. TORCH merupakan singkatan dari beberapa nama penyakit yakni Toksoplasmosis, Other (HIV/AIDS, Sifilis, dll), Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simpleks. Tes ini penting dilakukan pada wanita terutama yang akan atau sedang hamil karena risiko penyakit ini menular ke janin yang sedang dikandungnya amat besar. Dan bila sudah menular, penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan pada berbagai bagian tubuh baik saat masih berada dalam kandungan, setelah lahir, atau bahkan pada masa kanak-kanaknya.


Dr. Amadeo mengatakan, penyebab blighted ovum (BO) hingga sekarang masih belum diketahui. Pasangan yang tidak memiliki masalah apapun bisa saja tahu-tahu mengalami BO dan pasangan yang memiliki banyak faktor risiko bisa saja tidak mengalaminya. Sehingga sah-sah saja bila dokter Anda menyimpulkan riwayat infeksi yang pernah Anda alami sebagai faktor risiko BO. Namun Anda juga benar, bahwa IgG menunjukkan infeksi yang terjadi di masa lampau. Untuk infeksi yang sedang terjadi akan ditunjukkan pada hasil IgM yang positif.

Karena itu, menurut kami Anda tidak perlu menjalani pengobatan khusus mengenai kondisi tersebut. Sebab seperti yang bisa Anda baca secara lebih detail sendiri dengan mengklik tiap nama penyakitnya diatas, pada wanita yang tidak sedang hamil, baik toksoplasma, rubella, juga CMV tidak berbahaya lantaran mampu ditangani oleh daya tahan tubuh seiring berjalannya waktu.

Selain itu, BO memang tidak bisa dicegah. Namun sisi baiknya, mayoritas wanita dengan riwayat BO akan tetap bisa mengandung janin yang sehat hingga masa persalinan dan memiliki riwayat ini tidak lantas meningkatkan risiko Anda untuk mengalami BO pada kehamilan berikutnya.

Maka dari itu saran kami untuk Anda sekarang, diskusikan pada dokter Anda berapa lama Anda harus menunggu hingga akhirnya bisa hamil kembali. Selama rentang itu, dan juga saat kehamilan nanti, selalu jaga pola hidup sehat dengan menghindari asap rokok dan stress, mengonsumsi vitamin kehamilan, mengonsumsi makanan kaya nutrisi, istirahat yang cukup, dan berolahraga teratur. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.