Begini Cara mengobati Kulit Kepala Gatal dan Terkelupas

OKEDOK.co.id - Kulit kepala yang terlihat mengelupas dan bersisik memang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Penyebab paling sering adalah ketombe atau dandruff. Penyebab lainnya meliputi kulit kering, dermatitis kontak alergi/iritan, penyakit pada kulit seperti psoriasis, ataupun infeksi jamur di kulit kepala.

Menurut dr. Irna Cecilia mengatakan , Pada ketombe, biasanya anda dapat melihat kulit kepala anda tampak bersisik, sisik yang muncul berwarna putih kekuningan, besar, dan berminyak. Pada kulit kering, sisik yang muncul biasanya berwarna putih kecil-kecil dan kulit kepala teraba kering dan tidak berminyak. Pada dermatitis kontak (alergi ataupun iritan), biasanya terdapat riwayat kontak dengan bahan-bahan tertentu yang menyebabkan alergi atau iritasi, misalnya penggunaan shampo tertentu, pewarna rambut, zat kimia pengeriting atau pelurus rambut, dan lain sebagainya. Pada dermatitis kontak dapat terlihat bagian kulit kepala yang tampak kemerahan dan membengkak di bawah sisik yang muncul, serta biasanya terasa panas ataupun gatal.  Pada psoriasis dan jamur, anda akan dapat melihat adanya suatu lesi penebalan pada kulit kepala anda yang biasanya terlokalisasi (seperti membentuk pulau-pulau, tidak merata di seluruh kulit kepala).

Sebaiknya anda mengidentifikasi terlebih dahulu penyebab kulit kepala mengelupas dan bersisik yang anda alami karena penatalaksanaan dari setiap kondisi-kondisi di atas bisa berbeda. Bila memang disebabkan oleh kulit kepala yang kering, maka anda dapat mencoba untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

    Jangan keramas terlalu sering, jangan menggunakan air panas untuk mandi dan keramas.
    Pilihlah shampo yang lembut (seperti shampo bayi) untuk keramas. Menggunakan shampo antiketombe dapat membuat kulit kepala yang kering semakin kering.
    Gunakan losion pelembab untuk rambut dan kulit kepala terutama sebelum anda tidur.
    Jangan sering-sering menggunakan produk perawatan rambut yang keras seperti gel rambut atau hair spray.
    Jangan sering-sering menggunakan pemanas rambut seperti catok rambut ataupun hair dryer.

Perawatan tentunya akan berbeda bila kulit kepala bersisik yang anda alami disebabkan oleh hal lainnya (seperti ketombe/dandruff misalnya). Bila memang anda tidak yakin dengan penyebabnya, sebaiknya anda konsultasikan secara langsung kondisi kulit kepala anda tersebut kepada dokter spesialis kulit.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) merupakan suatu bahan tambahan yang sering digunakan pada shampo atau produk pembersih lainnya yang dapat membantu terbentuknya busa pada produk tersebut. SLS ini diketahui memiliki potensi untuk menyebabkan iritasi pada kulit, serta menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Sebaiknya anda mencoba untuk mencari produk perawatan kulit kepala yang bebas SLS untuk menghindari terjadinya kulit kepala yang semakin kering karena bahan ini.