Dok? Apakah Orang yang Menderita Bronkitis Bisa Sembuh Secara Total ?

OKEDOK.co.id - Bronkitis merupakan istilah umum yang menggambarkan adanya peradangan pada bronkus paru. Bronkitis ada 2 jenisnya, bronkitis akut dan bronkitis kronis, kedua jenis ini memiliki penyebab yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan bronkitis akut:

   1. infeksi di saluran nafas misalnya oleh virus atau bakteri
   2. iritasi di saluran nafas misalnya karena paparan asap rokok atau polusi udara
   3. makanan atau cairan lambung yang masuk ke paru

Bronkitis kronis merupakan kondisi bronkitis yang terjadi selama sekurangnya 3 bulan, dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya bronkitis kronis:

    1.merokok
    2.iritasi pada paru yang terjadi lama dan berulang (misalnya paparan asap rokok, polusi udara, zat kimia tertentu)
    3.infeksi saluran nafas kronis seperti TBC atau infeksi saluran nafas yang berulang
    4.penyakit paru kronis seperti asma, cystic fibrosis, dan lain-lain


Virus yang dapat menyebabkan bronkitis akut bisa bermacam-macam jenisnya. Bila bronkitis yang anda alami merupakan bronkitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus, maka pada sebagian besar kasus, kondisi ini bisa sembuh secara total tanpa memerlukan pengobatan tertentu. Pada kondisi tertentu dimana bronkitis disebabkan oleh virus influenza, obat-obatan antivirus dapat diberikan dalam waktu 48 jam setelah onset munculnya gejala. Terapi lain yang dibutuhkan biasanya hanya terapi simptomatik saja, misalnya pemberian obat antidemam seperti parasetamol atau ibuprofen bila demam, serta obat pengencer dan pengeluar dahak (mukolitik dan ekspektoran).

Gejala-gejala seperti demam, tidak enak badan, nyeri otot, lemas dan cepat lelah, biasanya akan berkurang setelah 3-5 hari, namun gejala batuk dapat menetap hingga 2-3 minggu. Pastikan anda banyak minum , cukup tidur dan beristirahat, serta makan makanan yang bergizi secara teratur untuk membantu kesembuhan anda. Anda juga dapat membantu mengencerkan dahak dan mengurangi batuk dengan mandi air hangat dan menghirup uap air hangatnya.

Bila gejala anda menetap hingga lebih dari 2 minggu, gejala semakin memburuk, atau anda mengalami sesak nafas, segera periksakan diri anda kembali ke dokter.

Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

dr. irna cecilia