Begini Cara Bila Bayi Belum Bisa Merespon Saat Diajak Bicara

OKEDOK.co.id – Bayi yang tumbuh besar dan ingin kita mengajak bicara namun belum bisa meresponnya. ? Hal ini sering terjadi dan orang tua kadang bingung dengan kejadian ini. Pada umumnya,bayi yang tumbuh besar beberapa factor untuk tidak merespon bila kita mengajak bicara. Namun dengan tips-tips dibawah ini saya rasa anda baru memahaminya dan melaksanakannya.


Menurut dr.Rizki Amy Lavita mengatakan, Pada bayi usia dua bulan biasanya sudah menunjukkan beberapa tumbuh kembang seperti:

1. kemampuan motorik meliputi kemampuan menghisap jari, bermain dengan jari, bisa membuka dan menutup genggaman sendiri, mampu mengangkat kepala dan gerakan bola matanya sudah mulai aktif.

2.  kemampuan komunikasi meliputi kemampuan mengenali suara, mendengar bunyi-bunyi, membuat suara-suara bayi dan berekspresi sederhana seperti menaikkan alis, melotot dan meniup.

3. kemampuan sosial meliputi kemampuan bereaksi saat diajak bicara atau tersenyum . Perkembangan setiap bayi berbeda dan unik. Selama ibu yakin memberikan nurtisi yang cukup melalui ASI, memantau perkembangannya secara rutin melalui kontrol dokter atau posyandu, maka bayi akan bertumbuh dan berkembang sesuai dengan waktunya.

Bayi yang belum bisa merespon senyum bisa saja disebabkan perkembangan otaknya sedang menyempurnakan untuk mencapai kemampuan tersebut, atau gangguan lain yang harus diperiksakan langsug untuk memastikannya.

Apabila bayi dapat merespon bunyi-bunyian atau menggerakkan matanya mengikuti stimulasi di depannya, maka ibu tidak perlu khawatir. Tetapi apabila hal-hal tersebut sama sekali tidak terjadi pada anak, maka periksakan ke dokter spesialis anak untuk mendapat penanganan lebih lanjut.