Berbahaya ! 5 Bahan Makanan di Dapur yang Mengandung Racun


OKEDOK.co.id - Makanan merupakan sumber energi utama dan terbesar bagi tubuh manusia. Dalam makanan,  terdapat kandungan zat karbohidrat yang berubah menjadi glukosa dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Proses tersebut menciptakan energi dan kekuatan yang digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari laman Fox News, tidak semua jenis makanan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh bahkan bisa terdapat racun mematikan. Berikut ini 5 bahan makanan di dapur yang mengandung di dapur yang mengandung racun berbahaya bagi kesehatan tubuh.

1.    Almond
 

Almond merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki warna kecokelatan yang berbentuk lonjong. Selain lezat, almond juga dikenal baik untuk kecantikan maupun kesehatan.

Namun, tidak semua jenis almond dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat kesehatan yang baik. Jenis almond yang pahit mengandung hidrogen sianida yang sangat besar dan perlu kamu waspadai.
Jika kamu mengonsumsi jenis almond yang mentah 7 sampai 10 buah bisa berbahaya untuk masalah kesehatan orang dewasa dan mematikan apabila dikonsumsi anak-anak.

2.    Kentang Hijau
 

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang berasal dari umbi-umbian. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, kentang juga memiliki rasa yang enak.

Kendati demikian, jenis kentang yang masih hijau sangat berbahaya jika kamu konsumsi. Kentang hijau dapat menyebabkan gejala pusing, kram, koma dan kematian karena memiliki kandungan zat racun glycoalkaloids. Jika kamu mengonsumsi 3 sampai 6 miligram saja sudah berakibat fatal untuk tubuh.

Kecambang, daun kentang, bagian batang, dan bunga kecubung merupakan tempat yang paling sering ditemukan zat racun glycoalkaloids. Membiarkan kentang dalam waktu yang terlalu lama dan terpapar cahaya juga mempengaruhi pembentukan zat racun glycoalkaloids.

3.    Biji Ceri
 

Ceri merupakan jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis dan termasuk dalam anggota prunus genus dari semak-semak dan pohon.

Sama halnya dengan buah apel, ceri memiliki biji yang mengandung sianida dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Biji ceri memiliki kandungan sianida 0,17 gram dan hidrogen sianida yang dihasilkan dari cyanogenic.

Oleh karena itu, jangan pernah mengunyah biji ceri jika sudah terlanjur di dalam mulut dan lebih baik dibuang.

4.    Singkong Kayu
 

Singkong kayu mengandung zat berbahaya sianida yang dapat dapat mengancam keselamatan tubuh. Namun, tidak semua jenis singkong kayu beracun seperti singkong tahunan yang menghasilkan umbi setelah beberapa tahun.

Untuk menghilangkan racun, salah satu cara yang tepat adalah merendamnya. Tapi masih belum bisa menjadi jaminan kalau racun hilang seluruhnya.

5.    Tuna
 

Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak protein bagi tubuh dan sering dijadikan makanan sushi di restoran. Tuna paling cocok dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil.
Namun, kamu perlu waspada dan hati-hati karena ada beberapa jenis ikan tuna yang mengandung zat berbahaya merkuri. Untuk itu, pastikan tak ada kandungan merkuri dalam ikan tuna atau ikan lainnya saat membeli.