7 Kelompok Makanan yang Memiliki Banyak Sumber Nutrisi Prenatal Untuk Ibu Hamil


OKEDOK.co.id - Mengonsumsi makanan bergizi sepanjang waktu sudah menjadi rutinitas wajib bagi ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan bayi. Menurut ahli nutrisi, salah satu nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu hamil adalah nutrisi prenatal. Nutrisi prenatal tersebut meliputi kalsium, asam folat, zat besi, dan yodium.

Berikut ini 7 kelompok makanan yang memiliki banyak sumber nutrisi prenatal untuk ibu hamil.

1.    Buah dan Sayuran
 

Buah dan sayuran mengandung serat, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan bagi ibu hamil selama trimester kedua dan ketiga.

2.    Protein
 

Protein merupakan sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Makanan yang memiliki banyak protein meliputi telur, tahu, biji-bijian, ikan, keju, daging, susu, unggas, dan kacang-kacangan.

3.    Biji-bijian
 

Biji-bijian mengandung zat besi, vitamin B dan serat yang berguna sebagai sumber energi penting dalam makanan untuk ibu hamil. Makanan yang berasal dari biji-bijian meliputi pasta gandum utuh, nasi merah, oatmeal, dan roti.

4.    Susu
 

Susu merupakan sumber protein, vitamin D, dan kalsium. Bagi ibu hamil dapat mengonsumsi susu atau makanan olahan susu seperti keju dan yogurt 3 sampai 4 porsi sehari.

5.    Vitamin Prenatal
 

Vitamin prenatal mengandung beberapa nutrisi seperti zat besi dan asam folat yang sulit didapat dari makanan. Bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi vitamin prenatal kunyah, sebaiknya cek label produk untuk memastikan kadar zat besi yang cukup di dalamnya.

6.    Kafein
 

Berdasarkan riset ACOG, mengonsumsi sedikit kafein setiap hari selama kehamilan tidak berkontribusi terhadap kelahiran prematur atau keguguran. Satu cangkir kopi 12 ons atau kurang dari 200 mhg kafein merupakan jumlah takaran yang aman selama kehamilan.

7.    Ikan
 

Berdasarkan riset ACOG, jenis ikan salmon dan sarden merupakan sumber protein yang mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung dan aman bagi ibu hamil. Namun, harus dibatasi 8 sampai 12 ons ikan matang dan makanan laut per minggu.

Khusus untuk tuna tuna albacore atau "putih" wajib dibatasi tidak lebih dari 6 ons per minggu karena memiliki kadar merkuri tinggi. Merkuri sangat berbahaya bagi perkembangan otak bayi.
Kamu bisa mengonsumsi tuna kalengan karena lebih aman untuk dimakan selama hamil.