6 Jenis Biji yang Memiliki Banyak Nutrisi untuk Menu Program Diet


OKEDOK.co.id - Mengonsumsi buah dan sayuran merupakan hal yang wajar jika kamu sedang melaksanakan program diet. Namun, bagaimana jika program diet mengharuskan mengonsumsi biji-bijian?

Berdasarkan step to health, terdapat beberapa jenis biji tertentu yang memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Perlu diketahui, aktivitas mengonsumsi biji sebenarnya sudah ada sejak berabad-abad lalu.
Berikut ini 6 jenis biji yang memiliki banyak nutrisi untuk menu program diet.

1.    Biji Selasih
 

Biji selasih mengandung omega 3, kalsium, serat, asam lemak dan zat besi yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Selain berguna untuk menu program diet, biji selasih juga bisa kamu nikmati dengan es buah yang segar.

2.    Biji Delima
 

Biji delima mengandung antioksidan dan polifenol yang berguna untuk meningkatkan kesehatan seluler, menjaga jantung dan melawan efek radikal bebas. Kamu bisa menikmati biji delima dengan hidangan manis dan gurih untuk menu program diet, seperti buah, jus, kue dan salad.

3.    Biji Wijen
 

Biji wijen mengandung seng, kalsium, zat besi, lemak dan protein yang berguna untuk mengatur kadar kolestrol dan membantu program diet. Kamu dapat menikmati biji wijen dengan hidangan khas tradisional untuk menu program diet kamu seperti onde-onde.

4.    Biji Labu
 

Biji labu sangat baik dikonsumi bagi kamu yang sedang melakukan program diet. Selain itu, biji labu dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit, mengatur kadar kolesterol. Biji labu memiliki kalori yang tinggi, oleh sebab itu sebaiknya dikonsumsi di pagi hari untuk mengendalikan berat badan kamu.

5.    Biji Rami
 

Biji rami mengandung kandungan gizi yang sangat tinggi seperti asam linoleat, serat dan polifenol yang berguna untuk pencernaan. Selain memiliki ukuran yang sangat kecil, biji rami juga digunakan untuk menjaga keteraturan gerakan usus agar tidak mudah merasa lapar.

6.    Biji Kinoa
 

Biji kinoa mengandung protein, serat, fosfor, asam amino esensial dan zat besi yang bermanfaat bagi yang melakukan program diet. Kamu dapat menikmati biji kinoa dengan cara mendidihkan pada air tanpa garam beberapa menit dan mengonsumsinya dengan salad atau sereal.