5 Tanaman Obat Herbal Yang Dapat Cegah Penyakit Radang Sendi (Arthritis)


OKEDOK.co.id - Degradasi yang terjadi pada tulang rawan menyebabkan radang sendi atau yang lebih dikenal dengan arthritis. Selain itu, faktor penuaan, infeksi dan cedera tulang juga menjadi salah satu penyebab penyakit ini. Arthritis lebih beresiko terjadi pada usia yang sudah lansia, meskipun begitu kamu wajib waspada dan selalu menjaga kesehatan tubuh.

Berdasarkan data Step to Health, terdapat 5 tanaman obat herbal yang berguna untuk mencegah penyakit radang sendi (arthritis). Apa sajakah tanaman obat herbal itu? berikut ulasannya:

1.    Dandelion
 

Dandelion merupakan tanaman bunga yang mengandung vitamin A dan C untuk melindungi haringan pelapis sendi. Selain bentuknya yang cantik, dandelion juga mempunyai sifat diuretik yang dapat membantu kamu melawan retensi cairan. Perlu diketahui, retensi cairan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi peningkatan peradangan jaringan. Kamu dapat mengonsumsi dandelion yang sudah direbus dengan air mineral saat perut kosong sebanyak 3 kali seminggu agar dapar bereaksi dengan baik dalam tubuh.

2.    Kamomil
 

Kamomil merupakan bunga yang mengandung senyawa sedatif untuk mengurangi peradangan dan membantu mengendurkan otot yang kaku. Meskipun tidak terlalu memiliki banyak manfaat, namun bunga kamomil dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yan disebabkan radang sendi. Kamu dapat mengonsumi kamonil sebanyak 3 gelas sehari. Namun jika kamu mengalami rasa sakit yang parah, sebaiknya segera beristirahat agar minuman herbal dapat bereaksi pada tubuh.

3.    Rosemary
 

Rosemary merupakan tanaman yang mengandung anti radang, minyak esensial dan antioksidan berguna untuk mengurangi gejala peradangan sendi seperti meningkatkan rasa lega pada sendi dan membantu memperbaiki sirkulasi. Untuk mengonsumsinya, kamu harus merebusnya terlebih dahulu baru setelah itu bisa dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari saat sebelum dan sesudah tidur. Jika masih terasa sakit, salah satu alternatif yang dapat kamu lakukan adalah kompres menggunakan air rebusan tersebut.

4.    Jeruk Limau



Jeruk limau digunakan untuk mengobati arthritis karena dapat meningkatkan sekresi keringat. Selain memiliki ukuran yang kecil, jeruk limau juga mampu mengatasi peradangan sendi dengan membuang racun. Kamu dapat mengonsumsi jeruk limau dengan cara direbus sebanyak 2 cangkir sehari selama 2 minggu. Jeruk limau direkomendasikan bagi kamu yang menderita arthritis yang disebabkan akumulasi asam urat.

5.    Kulit Pohon Willow Putih
 

Kulit pohon willow putih mengandung zat salicin dan bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk memperbaiki aliran darah dan mengurangi rasa sakit pada sendi. Selain itu, bahan herbal ini juga dapat memberikan efek analgesik yang serupa dengan aspirin.