5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat dari Makanan Pedas


OKEDOK.co.id - Makanan pedas memiliki banyak kandungan yang dapat memberikan kesehatan pada tubuh. Meskipun bisa membuat perut kamu mules jika mengonsumsi terlalu banyak, menambahkan sedikit bumbu yang pedas sesuai takaran pada makanan merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari Healthline, terdapat 5 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari makanan pedas. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1.    Mempercepat Metabolisme
 

Makanan pedas seperti cabai, kunyit, lada dan kayu manis dapat membantu meningkatkan proses metabolisme pada tubuh kamu. Jika proses metabolisme lancar dan berlangsung sangat cepat, perbaikan sel-sel dan energi di dalam tubuh juga semakin meningkat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan makanan pedas untuk alternatif menu program diet karena dapat mengontrol makanan atau menurunkan rasa lapar.

2.    Melawan Inflamasi
 

Makanan pedas seperti jahe dan kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan inflamasi dalam tubuh. Berdasarkan pengobatan kuno Ayurvedic di India, makanan pedas yang sering digunakan di dapur seperti bawang putih, kunyit dan jahe sudah dikenal dapat mengobati sakit kepala, mual dan artritis.

3.    Memperpanjang Umur
 

Mengonsumsi makanan pedas selama 6 atau 7 kali selama seminggu dipercaya dapat memperpanjang umur. Dilansir dari penelitian Harvard and China National Center for Disease Control and Prevention, makanan pedas juga dapat menurunkan angka kematian sebanyak 14% dari penyakit pernapasan, penyakit kanker dan penyakit jantung iskemik.

4.    Melawan Kanker
 

Makanan pedas seperti bubuk cabai memiliki kandungan capsaicin sebagai komponen aktif yang telah terbukti dapat menghancurkan dan memperlambat sel kanker. Dilansir dari studi UCLA, kandungan capsaicin dari bubuk cabai juga dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan kanker prostat tanpa mempengaruhi sel-sel lainnya.

5.    Membunuh Bakteri pada Tubuh
 

Makanan pedas seperti kunyit dan jintan mengandung antimikroba dan antioksidan yang bisa digunakan untuk melawan bakteri dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa menikmati sensasi pedas dari bumbu kunyit maupun jintan di dalam makanan sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan dalam tubuh.