5 Kebiasaan yang Harus Kamu Hindari untuk Mencegah Penyakit Obesitas


OKEDOK.co.id - Salah satu penyakit atau kelainan yang dihindari oleh semua orang adalah Obesitas. Tak hanya dapat menciptakan kondisi fisik yang tidak baik, obesitas juga memperburuk bentuk tubuh kamu dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi, masalah reproduksi bagi pria, dan jantung karena penumpukan lemak di tubuh.

Konsumsi makanan sehat dan latihan fisik sesuai kebutuhan merupakan cara terbaik untuk mencegah obesitas. Meskipun banyak kebiasaan lain yang dipercaya dapat membantu mencegah obesitas, ternyata sebagian tidak benar adanya dan justru menimbulkan efek sebaliknya.

Berdasarkan data Step to Health, terdapat 5 kebiasaan yang harus kamu hindari untuk mencegah penyakit obesitas. Berikut ulasan lengkapnya.

1.    Melewatkan Kebiasaan Sarapan Pagi
 

Meskipun banyak yang beranggapan melewatkan sarapan pagi dapat membantu menghemat kalori untuk mengurangi berat badan. Namun demikian, kebiasaan tersebut tidaklah benar.

Sarapan pagi yang baik seperti mengonsumsi makanan yang mengadung karbohidrat, serat dan asam amino sangat penting dilakukan agar metabolisme dapat bekerja dengan baik. Jika kamu sering melewatkan sarapan pagi dan mengonsumsi makanan yang rendah gizi, justru cenderung dapat meningkatkan berat badan kamu.

2.    Terlambat Sarapan
 

Seperti penjelasan poin pertama, sarapan pagi sangat penting dilakukan secara rutin dan teratur untuk memperlancar proses metabolisme. Selain itu, tubuh membutuhkan sumber energi berupa makanan agar organ utama dapat berfungsi normal ketika bangun tidur.

Terlambat sarapan dapat menyebabkan peradangan karena terjadi proses pemisahan cairan asam saat kondisi perut kosong saat bangun tidur. Oleh sebab itu, lakukan sarapan maksimal satu jam setelah bangun tidur dan jangan lupa minum.

Kamu juga dapat menikmati minuman sehat, seperti teh hangat yang dicampur sedikit perasan lemon. Minum dapat menghindarkan kamu dari risiko obesitas. 

3.    Mengonsumsi Makanan Olahan
 

Mengonsumsi makanan olahan memang sangat praktis dan umumnya memiliki rasa yang lebih lezat. Namun, makanan olahan dapat menyebabkan obesitas karena mengandung bahan kimia, gula , kalori dan lemak yang dapat menyebabkan kegemukan.

Bagi kamu yang memiliki jadwal pada dan tidak sempat untuk memasak makanan, sebaiknya gantilah makanan olahan dengan buah-buahan, sayuran atau yogurt alami agar kondisi tubuh tetap fit dan terjaga.

4.    Tidur Terlalu Banyak
 

Tidur terlalu banyak juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Waktu normal untuk beristirahat adalah tujuh hingga sembilan jam per hari. Jika lebih dari itu, proses metabolisme akan terganggu karena saat ketika tidur proses metabolisme beristirahat.

5.    Kurang Minum Air Mineral
 

Hidrasi dalam tubuh memegang peranan penting dalam metabolisme karena proses pembakaran lemak dibantu oleh air yang kamu konsumsi.

Cara mengatasi :
Meminum segelas air hangat yang diberi perasan lemon di pagi hari. Setelah itu, lanjutkan dengan minum setidaknya tiga hingga empat gelas air pada pagi hari.