5 Jenis Obat Herbal yang Ampuh Mengatasi Penyakit Infeksi Saluran Kencing


OKEDOK.co.id - Infeksi saluran kencing merupakan salah satu penyakit yang sangat dihindari karena memberikan rasa sakit saat kamu membuang air kecil. Terdapat beberapa gejala yang kamu rasakan jika mengidap infeksi saluran kencing seperti sakit seperti terbakar ketika buang air kecil, menggigil, demam dan sakit di area panggul.

Umumnya, infeksi saluran kencing disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pakaian ketat, hubungan seks tanpa menggunakan kondom, dan kerap menggunakan celana basah. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berdasarkan data Step to health, terdapat 5 jenis obat herbal yang ampuh mengatasi penyakit infeksi saluran kencing. Berikut ulasannya:

1.    Cranberry, Semangka, dan Ceri
 

Campuran buah-buahan segar untuk jus diuretik seperti cranberry, semangka dan ceri mengandung mineral dan vitamin yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh kamu. Selain itu, dapat mengendalikan peradangan dan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri.

2.    Soda Kue
 

Soda kue merupakan bahan pembuat kue yang mengandung antimikroba dan bersifat basa untuk membantu mengatur kadar pH urine. Kamu dapat mencampurkan soda kue dengan 1 gelas air mineral untuk mengatasi infeksi saluran kencing.

3.    Air Kelapa dan Lemon
 

Campuran minuman segar seperi air kelapa dan lemon mengandung senyawa dan sifat diuretik yang dapat membantu memperkuat imun tubuh kamu. Selain itu, senyawa air kelapa dan lemon dapat meningkatkan produksi urine dan mengubah lingkungan yang menjadi tempat tinggal sekaligus tempat reproduksi bakteri dan virus di saluran kencing menjadi lebih bersih.

4.    Benih Seledri
 

Benih sayuran hijau seperi seledri mengandung mineral, antioksidan dan vitamin yang berguna bagi tubuh untuk membantu mengobati infeksi saluran kencing. Selain itu, benih seledri mengandung senyawa diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin agar saluran kencing dan kandung kemih menjadi lebih bersih dan sehat.

5.    Birch
 

Birch mengandung zat betulin, senyawa anti inflamasi dan antiseptik yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh kamu. Selain itu, kandungan minyak esensial, flavonoid dan vitamin C dapat membantu mempermudah pengendalian dan menyerap racun di saluran kencing dan kandung kemih.