4 Makanan yang Harus Kamu Hindari untuk Mencegah Risiko Penyakit Kanker


OKEDOK.co.id - Penyakit kanker biasanya disebabkan dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok. Selain itu faktor makanan juga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker meskipun tidak secara khusus. Faktor makanan tersebut meliputi beberapa metode memasak, teknik penanaman, dan beberapa bahan yang telah diketahui memiliki hubungan dengan kemunculan beberapa penyakit mematikan.

Meskipun beresiko kanker, bukan berarti kamu harus berhenti makan makanan kesukaanmu. Jika berhenti justru berujung pada pelampiasan dan makan dalam jumlah sangat banyak nantinya. Disarankan menyantap sayuran yang lebih segar seperti brokoli dengan jumlah yang wajar sewajarnya.

Dilansir Women's Health, terdapat 4 makanan yang harus kamu hindari untuk mencegah risiko penyakit kanker sebagai berikut.

1.    Daging Merah atau Daging Olahan
 

Berdasarkan analisis tahun 2015 dari IARC, daging merah atau produk daging olahan seperti sosis dan bacon tidak memberikan terlalu banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan nitrat yang bersifat karsinogenik dalam daging merah dapat menyebabkan kanker perut, kolorektal, dan pankreas.

Perlu diketahui, senyawa penyebab kanker juga dapat diciptakan dari proses membakar daging di atas api terbuka. Oleh karena itu segera batasi mengonsumsi sate dan sejenisnya. Untuk mencegah risiko kanker, disarankan tidak mengonsumsi daging merah lebih dari 18 gram setiap minggu.
Sebagai alternatif , kamu bisa mengonsumsi ayam atau kalkun panggang sebagai sumber protein yang baik untuk membangun otot.

2.    Makanan Kaleng
 

Berdasarkan riset Enviromental Research Journal, kaleng yang digunakan untuk mengemas makanan dapat merusak DNA karena mengandung bisphenol-A (BPA). Hal ini bisa memperbesar risiko kamu menderita diabetes tipe 2 dan juga menderita beberapa jenis kanker.

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya ceklah label kemasan makanan kaleng dan pilihlah yang memiliki labe "BPA-free" atau "Bebas BPA." Selain itu batasi juga konsumsi makanan kaleng jangan sampai lebih dari satu porsi per hari.

3.    Acar
 

Banyak orang menyukai acar-acaran karena rasanya yang tajam. Meskipun beberapa jenis acar seperti kubis dan kimchi memiliki bakteri probiotik yang baik untuk perut, namun di sisi lain beberapa jenis acar juga beresiko menyebabkan kanker perut.

Dilansir dari Bucci, jika kamu sering mengonsumsi acar disarankan menggunakan rempah sebagai pelengkap. Rempah memiliki sifat preventif yang bisa menciptakan perubahan signifikan jika digunakan lebih banyak dari biasanya. Jenis rempah yang bisa kamu gunakan meliputi kunyit, kayu manis, oregno, sage, rosemary, thyme, cengkeh, basil, biji pala, serta bawang merah dan putih.

4.    Minuman Beralkohol
 

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, minum minuman yang beralkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker meliputi kanker hati, payudara, dan kolon. Khusus bagi wanita sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari satu porsi minuman beralkohol perharinya.