3 Cara Tepat Mengobati Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Sampai Akar


OKEDOK.co.id - Kelenjar getah bening merupakan salah satu organ vital yang berukuran kecil dan berbentuk seperti kacang. Selain itu, kelenjar getah bening juga bagian dari sistem imunitas yang menjaga tubuh dari infeksi, mencegah penumpukan cairan di jaringan, mempertahankan volume tekanan darah dan tempat penyaringan antigen (protein asing). Namun Jika terjadi infeksi, penyakit autoimun dan kanker pada tubuh, maka akan berakibat pada kelenjar getah bening yang membengkak. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir dari berbagai sumber, pengobatan kelenjar getah bening menyesuaikan kondisi dan penyebabnya. Jika tergolong ringan, kamu cukup mengompress, mengonsumsi obat pereda nyeri dan istirahat. Namun apabila disebabkan penyakit autoimun atau kanker, pengobatan difokuskan untuk mengurangi gejala dan mengobati penyakit yang menjadi penyebabnya. Kamu dapat mengonsumsi antibiotik jika disebabkan oleh bakteri.

Berikut ini 3 cara tepat mengobati pembengkakan kelenjar getah bening sampai akar.

1.    Infeksi Ringan
 

Penyebab paling umum dari pembengkakan kelenjar getah bening adalah infeksi ringan yang meliputi infeksi virus maupun bakteri. Infeksi ringan memiliki karakteristik yang bersifat kenyal (lunak) artinya kamu bisa menggerakkan namun masih terasa nyeri jika ditekan. Berikut ini beberapa contoh infeksi ringan yang harus kamu ketahui seperti demam, radang amandel, infeksi gigi, radang tenggorokan, nyeri tenggorokan, infeksi kulit, flu, dan batuk.

Cara mengobati :

a.    Kompres dengan air hangat di bagian yang mengalami pembengkakan.
b.    Kamu dapat menggunakan ibuprofen, paracetamol atau aspirin untuk meredaan rasa nyeri. Namun jika penyebabnya karena bakteri, sebaiknya konsumsi antibiotik. Disarankan konsultasikan kepada dokter sebelum memilih dan menggunakan obat-obat tersebut.
c.    Istirahat

2.    Kanker
 

Beberapa jenis kanker juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar betah bening seperti kanker mulut, melanoma, kanker mulur, melanoma, dan limfoma. Pembengkakan tersebut dapat kamu ketahui dari beberapa gejala meliputi nafsu makan yang berkurang, berkeringat di malam hari, merasakan gatal di sekujur rubuh, penurunan berat badan, demam dan telinga berdengung.

Cara Mengobati :

a.    Lakukan tahapan pemeriksaan seperti pemindaian hingga hingga pengampilan sampel kelenjar betah bening ( biopsi ).
b.    Pemeriksaan tersebut wajib dilakukan oleh dokter spesialis patologi anatomi.
c.    Dokter mengambil tindakan medis yang tepat untuk mengobati.

3.    Penyakit Autoimun
 

Sistem kekebalan tubuh yang menyerang seluruh organ tubuh sendiri merupakan kondisi yang disebabkan penyakit autoimun. Meskipun jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan kamu dapat mengalaminya jika tidak melakukan pencegahan dan pengobatan. Contohnya meliputi, rematik, HIV/AIDS dan SLE.

Cara Mengobati :


Kamu bisa menggunakan obat antivirus untuk mengurangi tingkat gejala dan menekan respon imun dari kondisi yang menjadi penyebabnya.