3 Alasan Mengapa Konsumsi Sebungkus Mie Instan Berbahaya bagi Kesehatan Tubuh


OKEDOK.co.id - Mie Instan merupakan makanan favorit Indonesia yang sangat identik bagi anak-anak kos. Selain harganya yang murah, cara pengolahannya yang mudah dan rasanya yang gurih membuat banyak orang tetap memilih makanan ini sebagai pengganjal perut.

Meski demikian, semua orang pasti mengetahui bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi mie instan. Kandungan mie instan yang berisi zat pengawet, bahan kimia, dan juga penyedap rasa menjadi penyebab utama penyakit jantung.

Dilansir dari laman Food.ndtv.com, terdapat 3 alasan mengapa konsumsi sebungkus mie instan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

1.    Dibuat dengan Bahan Pengawet
 

Untuk menyimpan dalam kurun waktu yang cukup lama, mie instan menggunakan banyak bahan pengawet Monosodium glutamat (MSG) dan campuran zat-zat lainnya dalam satu kemasannya. Dapat disimpan jauh lebih lama bukan berarti membuat mie instan bagus untuk dikonsumsi, namun ada bahaya besar yang mengintai. Bahayanya meliputi kandungan tinggi lemak, tinggi kalori dan sodium, nutrisi yang rendah, serta ditambah dengan pewarna dan perasa.

Berdasarkan riset para ahli, menyimpulkan bahwa konsumsi bahan pengawet pada mie instan yang berlebihan dan terus-menerus akan menimbulkan masalah besar pada tubuh seperti memicu obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, hipertensi dan masalah lainnya.

2.    Dibuat dari Bahan Dasar Tepung Maida
 

Maida merupakan salah satu varian dari tepung gandum yang memiliki tekstur halus dan serat yang sangat rendah dibanding tepung-tepung lainnya. Berdasarkan ahli nutrisi, sebagian besar mie instan dibuat dari tepung jenis maida yang faktanya tak terlalu baik bagi kesehatan. Serat yang sedikit, membuat kamu merasa belum kenyang dan terus menerus ingin makan mie instan lagi.

3.    Kandungan Lemak Berbahaya untuk Tubuh
 

Berdasarkan riset ahli, kandungan lemak jenuh pada mie instan yang dikonsumsi secara berlebihan atau teratur dapat menaikan kadar kolesterol dalam darah. Sangat beresiko bagi kamu yang memiliki riwayat kolesterol tinggi karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga diabetes. Selain itu butuh waktu berjam-jam bagi tubuh untuk mencerna kandung lemak jenuh pada mie instan.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya konsumsi makanan cepat saji atau olahan serupa seperti mie instan hanya sesekali saja dan tak boleh menggantikan posisi makanan sehat.