Anak Telat Bicara ? 4 Tips Kesehatan Yang Ampuh

Telat bicara anak 4 tips kesehatan
OKEDOK.co.id – Anak adalah anugrah dari yang maha kuasa dan sebagai generasi penerus bangsa dan Negara. Namun, bagaimana bila anak-anak anda mengalami telat bicara ? Apakah anda harus kesal dan takut ?

Memang,banyak orang tua yang sangat takut dengan kejadian ini,mereka mengira anak mereka akan bisu dan tidak bisa bicara lagi. Hal dugaan ini yang sering muncul di benak para orang tua. Namun, jawaban itu semua salah ! Anak telat bicara ada beberapa factor yang mengakibatkan anak lama berbicara seperti ,Kurang Komunikasi antara orang tua dengan anak, Selalu di bentak-bentak bila anak salah ngomong,dan masih banyak factor lainnya yang menyebabkan anak telat berbicara.

Berikut ini ,ada beberapa tips-tips agar anak cepat berbicara dan berkomunikasi dengan baik dan benar.  Karena bila anak cepat ngomong/berbicara tentunya hati orang tuanya sangat bangga. Nah,berikut ini tips  yang harus kamu lakukan bagi anak-anak kamu dirumah.

1.    Hindari Menonton TV atau Video Terlalu Lama

 
Sebaiknya bagi anak-anak hindari menonton TV Atau video terlalu lama. Pasalnya bila mereka lama melakukan aktifitas ini akan mengakibatkan rongga mulut tidak bisa bergerak. Karena mereka hanya terfocus dengan apa yang mereka lihat dan saksikan.

2.    Aktif Mengajak Komunikasi


 
Tugas orang tua harus dijadwalkan yakni mengajak anak untuk bicara/komunikasi setiap saat. Karena mengajak anak-anak ngobrol membuat  mereka cepat bicara. Ajaklah anak anda komunikasi dengan mengenalkan benda-benda yang ada disekitar,serta mengenalkan hewan-hewan yang ada dalam gambar ataupun disekitar tempat anda.

3.    Kata yang  Jelas
Banyak orang tua yang menggunakan bahasa bayi bagi anak-anaknya. Pada  hal ini tidak dibenarkan sedikit pun seperti contoh kata Makan ,biasanya orang tua membilang sama anak mamam,AA,Aem dan kata lainnya.

Usahakan anda harus komunikasi dengan baik dan jelas kepada anak-anak. Karena setiap ucapan anda akan di ikuti oleh si anak. Dengan begitu ,bagi para orang tua usahakan ucapkan inotasi dengan benar agar anak anda terbiasa komunikasi sesuai dengan ejaan bahasa yang baik.

4.    Konsultasi Dokter

Apa bila anak anda belum juga bisa komunikasi dengan jelas, sebaiknya anda harus konsultasi kepada Dokter. Karena setiap Dokter ada cara tersendiri untuk melatih anak-anak bisa cepat bicara.