Anak-Anak Susah BAB ini Solusinya Menurut dr.Taneya Putri Zahra

OKEDOK.co.id - Ada sejumlah ibu-ibu yang menanyakan cara mengapa anak-nak mereka susah buang air besar. Salah satunya ibu Wulan Arifiansyah mengatakan, "Malam dok, saya mau tanya bagaimana solusi untuk anak yg sulit BAB, anak saya usianya 5th,dia bisa tidak BAB sampai 4/5 hari, sedangkan untuk pola makan saya sudah berikan sayur, buah, bahkan sampai yogurth sudah saya berikan. Setiap dia ingin BAB di tahan terus sampai saya bujuk ke toilet tapi tidak keluar juga, bagaimana ya dok."Chatnya.

Sementara itu ,Dr.Taneya Putri Zahra Menjawab pertanyaan ibu wulan mengatakan, Konstipasi atau sembelit didefinisikan sebagai berkurangnya frekuensi buang air besar, di mana umumnya feses lebih keras, lebih besar dan menimbulkan rasa nyeri. Pada anak-anak sendiri, hal ini seringkali disebabkan oleh adanya riwayat trauma pada saat buang air besar sehingga pada saat akan buang air besar, anak akan cenderung menahan dan melawan keinginan untuk buang air besar.

Adapun trauma yang paling sering dialami oleh anak adalah nyeri pada saat buang air besar, atau bisa juga dipengaruhi oleh psikis yaitu rasa takut untuk dimarahi jika tidak buang air besar. Dengan adanya trauma ini, maka anak akan memilih untuk menahan buang air besar dan akhirnya terjadi penumpukan feses di usus dan semakin lama kotoran ini menumpuk, nantinya feses ini akan semakin keras sehingga semakin menimbulkan keluhan nyeri.

Untuk mengatasi kondisi yang dialami oleh anak Anda, yang dapat Anda lakukan antara lain:

   1. lakukan toilet training dan buat anak yakin bahwa buang air besar tidak membuat nyeri
   2. beri anak makanan yang  mengandung cukup serat yang terdapat dari sayur-sayuran ataupun buah-buahan
    3.perbanyak konsumsi air putih minimal 1 liter per hari
    4.buat suasana yang nyaman pada toilet
    5. berikan anak buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka.

Namun apabila keluhan konstipasi yang dialami oleh anak Anda tidak ada perbaikan, maka kami sangat menyarankan agar Anda memabwa anak Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan nantinya apabila dirasa perlu dokter bisa memberikan obat untuk melancarkan buang air besar pada anak Anda.

Sementara itu,ibu-ibu lainnya yang mengalami masalah ini ,Fatyiah Mayang mengeluhkan "Sore dok, saya usai melahirkan sudah 1 bulan 3 hari, sampai hari ini saya masih sulit untuk BAB setelah melahirkan saya baru bs BAB 2X, dan itu pun untuk keluarnya di bantu obat microlax, untuk kali ini saya masih sulit untuk BAB saya sudah menggunakan microlax 2x tp tetap sulit BAB, mengkonsumsi sayur dan buah jg saya sudah minum air putih banyak pun sudah, apakah ada cara lain untuk mengatasi sembelit nya, saya masih menyusui dok. Trmksh .

Dan menurut Dr.Taneya Putri Zahra mengatakan, Proses persalinan Anda normal atau Operasi?

Konstipasi bisa disebabkan oleh =

    1.Kurang asupan serat.
    2.Dehidrasi.
    3.Stress, kecemasan, depresi
    4.Perubahan hormonal.
    5.Kalori yang masuk kurang (diet ketat).
    6.Perubahan pola makan.
    7.Kebiasaan sering menahan BAB.
    8.Efek samping obat tertentu.

Idealnya orang akan mengalami BAB sekali dalam sehari. Jika selama 1 bulan Anda hanya baru BAB sebanyak 2 kali maka konstipasi Anda perlu mendapat pemeriksaan lebih jauh mengenai penyebabnya. Jangan pandang enteng konstipasi Anda.Untuk mencoba mengatasi kondisi ini Anda bisa mencoba tips seperti =

    1.Banyak olahraga. Lakukan aktivitas fisik yang cukup.
    2.Banyak minum air putih.
    3.makan banyak sayur.
    4.Konsumsi buah kaya serat seperti buah naga merah, pisang, pepaya, pear, apel, dll.

Jika dengan tips diatas keluhan tidak membaik maka tes medis lain akan diperlukan untuk mengetahui penyebab kondisi Anda. Dengan begitu dokter bisa memberikan solusi terapi yang cocok dengan kondisi Anda.

Menyusui tidak menyebabkan konstipasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

dr Taneya Putri Zahra