7 Jenis Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi untuk Mencegah Penyakit Katarak


OKEDOK.co.id - Katarak merupakan penyakit yang umumnya menyerangmereka yang lanjut usia dan salah satu penyakit mata yang serius. Selain membuat kamu sulit mengenaliwarna dan tidakdapat melihat dengankontras, penyakit katarak dapat menyebabkan penglihatan kamu menjadi kabur. Hal ini tentu mengganggu aktivitas sehari-har ikamu. Meskipun bisa disembuhkan dengan operasi, tidak akan mengembalikan penglihatan seratus persen dan dapat menyebabkan penurunankualitas hidup seseorang.Lantas, bagaimana mencegahnya? 

Dilansir Step to Health, terdapat 7 jenis makanan yang wajib kamu konsumsi untuk mencegah penyakit katarak. Makanan apa saja kah itu? Berikutulasannya.

1.    Jeruk


Buah jeruk mempunyai kandungan vitamin C dan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan yang berperandalam membantu melindungi sel dari efekstresoksidatif. Hal itulah yang dapat mengoptimalkan proses regenerasi jaringan, terutama jaringan mata. Selain segar, buah jeruk dipercaya dapat membantu mengurangi agresi yang disebabkanolehsinar matahari dan racun.

2.    Bayam


Sayuran bayam mempunyai kandungan asamfolat, vitamin A danseng yang berfungsi memperkuat penglihatan sekaligus menghindari dari radikal bebas. Selain memberikan energi, bayam menjadi salah satusayuran yang dapat mencegah penyakit katarak.

3.    Minyak Zaitun


Minyak zaitun mempunyai kandungan asam lemak esensial dan antioksidan yang berfungsi melindungi penglihatan sekaligus mencegah degenerasi lensa dan retina kamu. Minyak yang terkenal berasal dari timur tengah ini juga dipercayadapat mengendalikan kolesterol.

4.    Tepung Gandum


Tepung gandum mempunyai kandungan banyak asam amino esensial dan vitamin E yang berfungsi untuk mengurangi degenerasi membran okular. Nutrisi yang terkandung dalam tepung gandum juga dapat mengurangi hilangnya protein pada lensa, sekaligus dapat menghentikan efek negatif dari racun dan sinar matahari.

5.    Ikan Air Dingin



Ikan yang hidup di laut dingin mempunyai asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk melindungi mata kamu dari penyakit degenaratif dan penuaan dini pada sel. Nutrisi asam lemak omega 3 juga berperanpenting dalammeningkatkan aliran darah, mengontrol kolestrol, dan mengurangi peradangan yang dapat mengganggu kesehatan penglihatan. Ikan laut tersebut meliputi tuna, sarden, salmon, dan teri.

6.    Telur


Telur mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi untuk melindungi mata terhadap degenerasi yang terjadi pada penuaan sel.

7.    Teh hijau



Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi membantu mengurangi risiko penyakit mata, terutama yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengonsumsi teh hijau secara rutin juga dapat mengurangi dekomposisi dan kerusakan lensa.