4 Jenis Cacing dan Dampak Bahaya Penyakit Cacingan pada Tubuh Anak

 OKEDOK.co.id - Ketidaktahuan orangtua tentang gizi seimbang hingga masalah kemiskinan menjadi salah satu penyebab permasalahan gizi pada anak selain kurangnya asupan makanan pada buah hati. Selain itu, ada masalah lainnya, yaitu masalah gizi bisa dipengaruhi karena anak terpapar penyakit cacingan.

Dilansir dari Dewan Pembina Perhimupunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Untuk membunuh cacing-cacing di dalam perut anak-anak, kamu wajib untuk memberi minum obat cacing kepada mereka. Sebab, tubuh anak akansangat rentan terkena masalah ini dengan pola bermain bersama teman-temannya.

Salah satu penyebab masalah gizi dan kegagalan pertumbuhan pada balita (stunting) adalah cacingan. Hal ini bisa terjadi karena asupan sari-sari makanan yang dikonsumsi tubuh digerogoti oleh cacing. Lingkungan yang kotor dan buruk juga membuat anak-anak lebih rentan terkena cacingan. Untuk itu, setiap ibu pasti memberikan obat cacing saat kamu kecil.

Dampak Bahaya Cacing Di Dalam Perut



Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, anak-anak yang hidup di lingkungan dengan sanitasi yang buruk akan lebih beresiko terkena cacingan. Terdapat ratusan cacing dengan berbagai jenis yang hidup dan menggerogoti asupan sari-sari makanan pada anak-anak, mulai daridari cacing gelang hingga cacing tambang. Berikut ini terdapat 3 jenis cacing yang berbahaya bagi tubuh yang perlu kamu ketahui.

1). Cacing Gelang

Cacing gelang, hidup sebagai parasit dalam usus halus, sehingga mengambil nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita, tapi menimbulkan kerusakan pada lapisan usus tersebut.

2). Cacing cambuk

Cacing cambuk juga mengisap sari makanan yang kita makan. Dia mengisap darah dan hidup di dalam usus besar.

3). Cacing tambang

Cacing tambang adalah cacing yang paling ganas, karena dia mengisap darah dan menimbulkan luka pada permukaan usus.

4). Cacing Kremi

Cacing kremiberbentuk kecil dan berwarna putih biasanya menyebabkan anus balita terasa gatal.

Cara Mencegah Dan Mengatasi Cacingan



1)    Sebelum Cacingan

Untuk mencegah penyakit cacingan pada anak, pastikan lingkungan bermain anak-anak mempunyai sanitasi yang baik dan jangan lupa untuk rajin minum obat cacing agar anak-anak bisa terlindungi.

2).  Saat Cacingan

Jika sudah terlanjut terkena penyakit cacingan, secepatnya kamu berikan obat cacing. Cacing akan akan terjaring keluar ketika anak buang air besar di pagi hari.