3 Bahan Obat Herbal Alternatif untuk Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Cepat


OKEDOK.co.id - Sakit tenggorokan merupakan penyakit yang disebabakan oleh infeksi virus dan memiliki dampak yang cukup besar bagi tubuh. Gejala sakit tenggorokan meliputi rasa nyeri ketika menelan, suara menjadi serak, dan menjadi demam. Tidak hanya itu, nafsu makan sangat mungkin berkurang bila kamu menderita penyakit ini.

Untuk membunuh racun yang ada di tenggorokan, tindakan yang bisa kamu lakukan adalah pergi ke dokter dan mendaparkanantiobiotik. Namun, jika kamu ingin mencoba alternatif pengobatan yang terjangkau bisa dengan pengobatan herbal. Kamu bisa segera melakukan kedua tindakan tersebut ketika mengalami gejala-gejala penyakit tersebut. Jika kamu terus biarkan, penyakit ini bisa berkembang menjadi penyakit faringitis atau radang tenggorokan.

Dilansir dari Step tohealth, terdapat 3 bahan obat herbal alternatif untuk mengobati sakit tenggorokan dengan cepat. Lantas, apa saja bahan herbal yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1.    Cuka Apel dengan Madu


Cuka sari buah dipercaya ampuh menyingkirkan bakteri di tenggorokan kamu karena memiliki kadar pH yang rendahmenandakan bahan herbal ini bersifat asam. Meskipun terasa masam ketika diminum, bahan herbal ini pun dapat bersifat ekspektoran yang dapatmembantu mengeluarkan dahak di tenggorokan.

Kamu bisa mencampurkan madu saat mengonsumsi cuka apel agar tidak terasa begitu asam. Kombinasi cuka apel dan madu sangat baik untuk meredakan sakit tenggorokan karena madu merupakan antibakteri yang baik. Oleh sebab itu, pencampuran madu bukanlah tanpa maksud karena tidak semua campuran bisa dikombinasikan dengan cuka apel.

2.    Hidrogen Peroksida


Meskipun bahan herbal hidrogen peroksida masih terdengar asing, cara meredakan sakit tenggorokan dengan bahan ini pun unik. Kamu bisa meneteskan hidrogen peroksida di setiap telinga segera setelah gejala muncul. Lakukan sehari sekali saja dan maksimal 2 hari setelah gejala itu muncul

3.    Lemon


Lemon merupakan salah satu antibiotik dan disinfektan alami yang memiliki kadar vitamin C tinggi. Selain terasa segar, lemon pun bisa dikonsumsi dengan cara lainyaitu menaburkan dengan garam dan kemudian langsung ditelan. Lemon bisa kamu jadikan alternatif untuk meredakan sakit tenggorokan jika tidak mengonsumsi madu.